Rabu, 17 Mei 2017

Bagaimana Cara Mengatasi Virus Ransomware Wanna Cry

Halo, Sobat..
Kali ini Kita Akan Bahas Cara Mengatasi Wanna Cry Ransomware. Apa saja itu? namun sebelum itu mari kita persiapkan senjata-senjata yang akan kita gunakan untuk bertempur. namun sebelum itu juga baiknya kita pahami dulu apasih virus Wanna Cry Ransomware ini.
Yang perlu di ketahui tentang Ransomware Wanna Cry adalah bagaimana hal itu dimulai, mengapa booming, bagaimana cara cegah serangan ransomware, dan apa yang harus dilakukan jika PC Anda terinfeksi.
Ransomware adalah malware yang mengacak data sehingga anda tidak dapat memakai komputer atau android anda. Ransomware merupakan salah satu masalah terbesar di jagat maya saat ini. Ransomware adalah bentuk malware yang mengenkripsi dokumen pada PC atau bahkan di jaringan. Korban seringkali hanya mendapatkan kembali akses ke file dan PC mereka dengan membayar uang tebusan kepada penjahat cyber di belakangnya. Infeksi ransomware sering dimulai jika anda mengklik apa yang tampak seperti lampiran yang normal, dan ini malapetaka bagi anda ataupun perusahaan anda.
Jika hacker menyusup ke jaringan Anda, mereka akan melakukan segala kemungkinan untuk menghindari deteksi. Ini ditujukan untuk kepentingan terbaik mereka untuk tidak mengingatkan korban bahwa mereka telah menjadi korban kejahatan dunia maya. Ini merupakan karakteristik ransomware, dengan teknik “berdiam diri” sampai pada waktu tertentu.
Tapi sekarang, jika Anda diserang file-encrypting ‘ransomware wanna cry’, penjahat dengan berani mengumumkan bahwa mereka menyandera data Anda atau perusahaan Anda sampai Anda membayar uang tebusan. Mungkin kedengarannya terlalu sederhana, tapi penjahat dunia maya mengantongi lebih dari Rp. 13.5 triliun dari serangan ransomware pada tahun 2016 saja. ngeri gak tuh?
OKE cukup segitu kali yak? langsung saja ke pembahasan judul kita tentang Bagaimana cara mengatasi virus Ransomware Wanna Cry :
1. Jika sudah terjadi seperti ini maka langkah utama uyang anda lakukan adalah masuk ke Safe Mode
 Cara Mengatasi Wanna Cry Ransomware
2. Klik Safe Boot -> minimal, Klik Ok dan Restart
 Cara Mengatasi Wanna Cry Ransomware
3. Setelah direstart masuk ke Control Panel -> Folder Options -> Show Hidden File (cek gambar) lalu klik Apply
 Cara Mengatasi Wanna Cry Ransomware
4. Masuk ke msconfig -> Startup -> Disable Program yang mencurigakan atau tidak diketahui, klik ok dan Klik "Exit without Restart"
 Cara Mengatasi Wanna Cry Ransomware
5. Hapus File Berbahaya (File Virusnya Semua)
 Cara Mengatasi Wanna Cry Ransomware
6. Periksa folder berikutnya untuk menemukan file yang mencurigakan:
%TEMP%
%APPDATA%
%ProgramData%
(Jika ada folder / File Wanna Cry hapus langsung)

7. cek host file, karena itu bisa corrupt sama si Virus
Letak host:
C:\windows\System32\drivers\etc
nanti ada file host lalu buka pake notepad
(Disitu jika ada situs yang ga diketahui, maka hapus langsung)

8. nah abis itu, masuk lagi ke msconfig terus disable Safe Mode klik ok lalu Restart
 Cara Mengatasi Wanna Cry Ransomware
9. Setelah direstart, tidak ada "Decryption Tool" sekarang, tapi ente dapat merestore file dari backup atau mengembalikan folder yang terpisah

10. Sekarang ente bisa lihat versi lama dari file yang terenskripsi
 Cara Mengatasi Wanna Cry Ransomware
11. Hapus File bernama:
Readme.txt.WCRY
License.txt.WCRY
History.txt.WCRY
!Please Read Me!.txt
!WannaDecryptor!.exe

DONE

SEMOGA MEMBANTU

Tidak ada komentar:
Write komentar